Saturday 31 January 2009

Gelora Bung Karno Stadium

Tanggal 28 januari kemaren gue pergi bareng anak-anak kosan ke jakarta buat nonton Indonesia vs Australia.
sampe di senayan, langsung parkir di PS, lari ke stadion, buru-buru beli tiket takut keabisan. 50ribu ga jadi masalah lah buat pertandingan yang bakal banyak golnya.

sebelum ceritanya lanjut, gue ada cerita soal latar belakang gue ikut ke jakarta buat nonton pertandingan ini.
gue ga apal pemain indonesia, kecuali yang terkenal aja, entah terkenal karena apanya. Dan gue termasuk yang biasa aja sama perkembangan sepakbola di indonesia. Soal Timnas, gue lumayan sering nonton di tv. Banyak pertandingan indonesia yang gue tonton, dan gue tau (nebak mungkin.red) bakal kalah, tapi tetep gue tonton, dan nikmatin tontonan itu. dan gue juga ternyata mau ga mau harus mengakui kalo negara gue harus gue dukung dan jangan sampe kalah! tapi ya, kalah lagi atau seri lagi, dan akhirnya ngeluh lagi: "kenapa gue nonton tadi, percuma, wong pasti kalah!"

tapi ya gitu aja terus!
diulangi dan terus diulangi,,

balik lagi,,
jam 19.00 wib gue masuk stadion.Pertandingannya belum mulai.
pas udah jam 7 lewat 20 menit, pemain mulai masuk lapangan. Temen-temen sesama penonton pada semangat pas nama-nama pemain starting line up indonesia dibacain, dan teriak "hooooooo!" ke pemain australia. Khas tuan rumah!
gue pun ikut tenggelam sama semangat itu,,
gue ikut teriak teriak,,
"ayo menang lah indonesia, sekali aja!. gue udah dateng jauh2 masa ga menang!"

dan yang membuat gue merinding adalah pas lagu indonesia raya dinyanyiin!
dan para suporter termasuk gue, ikut nyanyi. dan nyanyinya ga maen-maen! lebih serius daripada anak sekolah pas upacara bendera!!
di sebelah gue ada bapak-bapak yang bawa anak cewenya sampe pada nangis saking terharunya mungkin. gue ga tau. tapi yang jelas, lagu itu bikin gue pribadi jadi berpikir untuk harus kerahin semua tenaga dan teriakan gue buat semangatin indonesia.

Sepanjang pertandingan kita teriak-teriak "Indonesia!" sampe cape!
atau nyanyiin yel-yel,,
gue juga lihat spanduk tulisannya; "born to life for indonesia, life to die for indonesia".
gue ga permasalahin bahasanya. tapi gue ngerti satu hal bahwa bagaimanapun loe menyangkal tentang indonesia, loe bakal tetap mendukung indonesia.

seperti yang udah diketahui, indonesia cuma bisa seri lawan australia (0-0), padahal sebagai tuan rumah dan 'mumpung' australia ga full team, harusnya bisa menang.
pertandingan mereka bagus, dan gue menghargai usaha mereka buat indonesia.

pengalaman yang gue dapet adalah; harus rasain sendiri gimana suasana di stadion Gelora Bung Karno, baru bisa kasih pendapat soal sepakbola indonesia! Orang bilang mending nonton di TV daripada di Stadion. salah besar! karena menurut gue, ga akan bisa ngerasain semangat timnas kalo nonton di TV.

2 comments:

Bunga Istyani said...

hihihi, euphoria nya wauw banget ya monk ?
pengen juga gue nih sekali sekali nonton timnas Indonesia scr langsung .. trus coret2 muka pake cat merah ama putih .. trus triak-triak sampe suaranya abis .. aaah curang sekali lo udah pernah ngerasain itu ..

timnas Indonesia, tunggulah kehadiranku mendukungmu dari jarak dekaaaat ! hehe :D

Bunga Istyani said...

ahh, nasionalisme,

sesuatu yang jarang sekali mampir tapi ketika datang langsung membuat bulu kuduk merinding, adrenalin terpacu, dan semangat juang yang berkobar ..


hidup amonk !! *clapping* nice story :)